10 Software Desain Grafis Terbaik

Desain grafis merupakan sebuah pekerjaan yang erat kaitannya dengan komputer atau laptop. Para desainer yang berkecimpung di dunia ini adalah orang-orang kreatif yang bertugas mendesain logo, simbol, dan layout berbagai barang baik dari perusahaan maupun perorangan.

Undangan, kemasan produk, kartu nama, dan poster merupakan beberapa produk hasil kreativitas para desainer grafis. Pekerjaan ini juga berkaitan dengan seni visual yang dipadukan dengan kemampuan kognitif. Inilah mengapa, seorang desainer grafis tidak hanya dituntut untuk menguasai ilmu komputer. Mereka juga diharapkan memiliki daya imajinasi yang tinggi.

Dalam dunia desain grafis, penggunaan software atau aplikasi penunjang merupakan hal yang lumrah. Selain kreativitas dan daya imajinasi desainer, penggunaan software dan aplikasi desain grafis berkualitas akan membuat produk yang dihasilkan lebih menarik atau bahkan memiliki daya jual yang tinggi.

Nah, bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan atau tertarik dengan dunia ini, berikut merupakan beberapa software desain grafis terbaik yang sering digunakan para desainer profesional.

Adobe

Adobe merupakan perusahaan pembuat perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis, animasi, dan video. Beberapa software dari Adobe merupakan produk yang sering digunakan para desainer grafis dan dikenal dengan kemampuannya yang mumpuni. Di antaranya,

Adobe Indesign

Indesign merupakan perangkat lunak desain grafis yang berfungsi untuk mengatur layout pada majalah, koran, company profile, annual report ataupun buku. Di antara semua software, Adobe Indesign merupakan salah satu perangkat lunak wajib yang harus dikuasai para desainer grafis.

Adobe Illustrator

Dalam dunia desain grafis, para desainer mengenal istilah vektor. Vektor merupakan jenis gambar yang tetap stabil dan berkualitas meskipun mengalami proses zooming atau scaling. Nah, Adobe Illustrator merupakan software yang dapat membuat gambar vektor berkualitas tinggi.

Tidak heran jika di kalangan para desainer grafis, Adobe Illustraror dianggap sebagai rajanya software vektor. Karena kemampuannya, perangkat lunak mumpuni ini sering digunakan mendesain logo pada banner atau poster dan membuat ilustrasi atau sketsa.

Adobe Photoshop

Pada awal kemunculannya, Photoshop dikenal sebagai software untuk memperbaiki foto atau memanipulasi sebuah gambar. Tetapi berkat kemampuan Adobe Photoshop dalam mengolah dan menciptakan gambar berbasis pixel, perangkat lunak ini menjadi salah satu software desain grafis yang sering digunakan para desainer untuk membuat desain, layout, atau bahkan gambar grafis pada sebuah website.

Corel Draw

Sama seperti Adobe Illustrator, Corel Draw merupakan software vektor yang dapat digunakan untuk mengolah gambar dan membuat ilustrasi digital berkualitas tinggi. Selain karena kemampuannya, perangkat lunak ini banyak digunakan para desainer grafis terutama yang berasal dari Indonesia karena mudah digunakan dan dijual dengan harga murah.

LibreCAD

LibreCAD merupakan salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan pada segala macam sistem operasi baik Windows, Linux, maupun MAC. Perangkat lunak ini biasa digunakan para insinyur dan arsitek untuk menghasilkan gambar blue print berkualitas tinggi.

3DVIA Shape

Jika Anda ingin membuat gambar 3 dimensi secara mudah, 3DVIA Shape merupakan salah satu software desain grafis terbaik yang sering digunakan para ilustrator ataupun desainer grafis. Selain mudah digunakan, semua gambar yang dibuat dengan perangkat lunak ini bisa dibagikan ke media sosial dengan mudah. Keren bukan?

Inkscape

Jika software vektor seperti Adobe Illustrator atau Corel Draw dirasa terlalu mahal. Para desainer grafis pemula bisa memanfaatkan Inkscape untuk membuat gambar dan ilustrasi yang berkualitas. Gambar yang dihasilkan perangkat lunak ini berformat SVG yang memenuhi standar XML sehingga bisa dilihat melalui web browser seperti Chrome dan Firefox.

Serif Draw Plus

Perangkat lunak yang hanya bisa digunakan pada komputer dengan sistem operasi Windows ini merupakan salah satu software pembuat logo terbaik. Selain dapat membuat logo, Serif Draw Plus juga mampu menghasilkan gambar-gambar digital berkualitas dengan beberapa fitur yang mendukung imajinasi desainer.

Kerennya, Serif Draw Plus juga mampu menghasilkan gambar vektor dan 3D yang kualitasnya tidak jauh beda dengan gambar yang dihasilkan Adobe Illustrator atau Corel Draw.

Xara Designer

Di antara perangkat lunak desain grafis, Xara Designer merupakan salah satu yang memiliki fitur lengkap baik untuk mendesain web, membuat sketsa atau gambar digital, hingga menciptakan efek animasi flash yang berkualitas. Selain kemampuannya, Xara Designer juga dikenal mampu berintegrasi dengan software desain grafis lainnya.

Pada perangkat lunak ini terdapat plugin Adobe Photoshop yang bisa digunakan untuk menghasilkan berbagai efek dan vektor yang mengagumkan.

SVG Edit

Sesuai namanya, SVG Edit hanya bisa digunakan untuk menyunting sebuah gambar atau ilustrasi bukan membuatnya. Perangkat lunak ini dapat mengedit sebuah ilustrasi dan mengekspornya ke semua jenis gambar baik JPG, PNG, maupun GIF. Sayangnya, SVG Edit hanya mampu memproses gambar 2D.

Meskipun begitu, gambar yang dihasilkan memenuhi standar XML sehingga bisa dilihat melalui berbagai macam web browser.

Sculptris

Ingin membuat patung atau pahatan digital? Anda mungkin akan tertarik dengan Sculptris. Keunikan software desain grafis ini terletak pada gumpalan tanah liat digital yang bisa dibentuk dan dipahat menjadi sebuah patung atau gambar 3D yang diinginkan.

Bagi para seniman, gambar yang dihasilkan Sculptris bisa digunakan sebagai prototipe untuk membuat patung dan pahatan asli supaya hasilnya bisa lebih berkualitas.

Poste Razor

Poste Razor merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat poster dan billboard secara mudah. Karena kamudahannya, Poste Razor dapat digunakan para desainer pemula maupun profesional.

Nah, itulah 10 software desain grafis terbaik yang sering digunakan para desainer profesional untuk mendukung kinerja mereka. Semoga bermanfaat.

Previous

Lomba Logo Sebagai Salah Satu Upaya untuk Mencari Desain yang Orisinal

September 30, 2017
Next

4 Kursus Desain Grafis di Jakarta Yang Bikin Kamu Jadi Profesional

September 30, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *