Cara Sukses dari Depan Laptop? Ikut Lomba Desain Saja!

Dalam kalangan desainer grafis, lomba desain dikenal dengan istilah “specwork”. Ini adalah akronim dari speculation work yang artinya berkarya secara untung-untungan atau berserah diri pada nasib. Meskipun terkesan merendahkan diri, partisipasi dalam lomba desain justru bisa membuka pintu kesuksesan.

Sejak internet berkembang semakin cepat di tanah air, aksesibilitas para desainer grafis untuk berkarya juga ikut terbantu. Selama 5 tahun terakhir, lomba desain telah menjadi cara baru bagi para desainer grafis untuk menunjukkan eksistensi dan estetika dari karya-karyanya.

Melalui proses yang tidak memakan waktu lama, kisah sukses segera terajut. Dari lomba desain inilah banyak desainer grafis yang mendapatkan kerja sama bisnis. Lebih hebatnya, kesempatan bermitra juga datang dari proyek-proyek bisnis pada perusahaan mancanegara.

Selain menjadi ajang yang menghasilkan keuntungan dan kemitraan, lomba desain juga cocok untuk dicoba oleh para desainer grafis pemula. Di sinilah mereka bisa mengasah kemampuan agar memahami dengan baik jenis karya yang disukai dan dimenangkan oleh desainer grafis lain.

Berpartisipasi dalam Lomba Desain

Apabila proses pengembangan diri telah berjalan sempurna, seorang desainer grafis bisa memenangkan lomba dengan nilai hadiah mencapai US$400 (sekitar Rp5,3 juta). Menariknya, beberapa situs penyelenggara lomba desain hampir setiap hari merilis lomba-lomba terbaru.

Dengan banyaknya kesempatan yang datang, peluang para desainer grafis untuk memenangkan suatu lomba pun semakin terbuka. Dalam penghitungan kasar, apabila seorang peserta memenangkan 1 lomba setiap minggu, maka dalam sebulan dia sudah bisa meraih hadiah senilai US$1600 (sekitar Rp21 juta).

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan tambahan pengalaman dan kesempatan menghasilkan keuntungan, simaklah pembahasan 5 situs berikut ini.

99designs

99designs merupakan marketplace online yang berkantor pusat di San Fransisco. Produk-produk yang mereka tawarkan merupakan produk crowdsourcing, sehingga membuka kesempatan bagi desainer grafis untuk ikut mengirimkan desain-desain terbaik mereka. Sebagian besar desain yang dilombakan melalui 99designs adalah desain situs perusahaan, materi-materi periklanan dan pemasaran, t-shirts, seni dan ilustrasi, pengemasan produk, serta desain buku dan majalah.

LogoTournament

Lebih dari 7 juta logo telah diterima oleh LogoTournament. Setengah dari jumlah tersebut merupakan logo yang berpartisipasi melalui lomba desain. Meskipun hanya melombakan logo, namun setiap klien bisa membuat perincian rencana terapan logo di dalam brief mereka. Selain itu, klien juga diwajibkan memberi brief berisi keyword dan preferensi warna yang ingin terwakili di dalam logo.

LogoMyWay

Dengan hadiah bernilai antara US$200-1000, situs ini telah menjadi ajang eksistensi dan kompetisi bagi sekitar 20.000 desainer grafis dari seluruh dunia. Untuk berpartisipasi dalam perlombaan LogoMyWay, Anda harus memenuhi menyiapkan minimal 10 tautan desain logo agar memenuhi visi profesionalisme, keunikan dan kualitas saat penyelenggara melakukan peninjauan akun.

Threadless

Threadless mengusung model penilaian berbasis skor dari komunitas desainer grafis di seluruh dunia. Ketika Anda mendapatkan skor terbaik, Threadless akan memilihnya untuk dicetak dan dijual. Setiap desain baru akan dipilih per minggu dan pemenang lomba bisa mendapatkan hadiah senilai US$1000.

Design By Humans

Untuk berpartisipasi dalam lomba yang diselenggarakan Design By Humans, seorang desainer grafis harus melengkapi Official Entry Form. Selanjutnya desain Anda akan dinilai oleh tim internal penyelenggara. Kriteria pemenang lomba dinilai menurut orisinalitas, kualitas, kemampuan cetak, dan penilaian spesifik dari Departemen Seni Design By Humans. Salah satu yang menarik dari lomba logo di situs ini adalah kesempatan peserta untuk menyebarluaskan link perlombaan ke Facebook, Twitter, serta Tumblr pribadi mereka.

Eksistensi Alternatif di Internet

Menyinggung peran internet bagi eksistensi desainer grafis ternyata tidak hanya berkaitan dengan lomba desain. Keempat cara berikut ini juga bisa menjadi eksistensi alternatif yang menjanjikan raihan keuntungan.

Portofolio Online

Salah satu cara paling klasik ini bisa diibaratkan sebagai kegiatan membuka “toko” di dunia nyata. Portofolio melalui situs atau blog merupakan toko yang menjadi tempat pajangan karya-karya Anda. Apabila Anda belum ingin memiliki situs atau blog dengan domain pribadi, manfaatkanlah situs-situs penyedia space portofolio, seperti Behance, Deviant Art, dan Shadowness.

Microstock

Microstock merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan passive income secara online. Dengan mengirimkan berkas-berkas visual dalam format vektor, karya Anda bisa dijual berulang kali. Karena Anda akan bersaing dengan banyak desainer grafis lain dari seluruh dunia, pastikan bahwa karya yang dikirimkan memiliki kualitas terbaik. Beberapa situs microstock paling populer saat ini, antara lain Shutterstock, istockphoto, fotolia, dan dreamstime.

Envato Marketplaces

Pasar online yang khusus menawarkan karya grafis, template WordPress, fotografi, dan sebagainya ini, memiliki ruang lingkup yang luas. Persaingan dan kualifikasnya juga lebih ketat. Beberapa katagori yang sesuai bagi desainer grafis, yakni themeforest, graphicriver, 3docean, dan photodune.

Menulis Tutorial

Apabila Anda memiliki kemampuan berbagi ide dan kiat-kiat tertentu melalui tulisan, cobalah menulis tutorial di berbagai situs tutorial online. Harga yang ditawarkan untuk satu publikasi tutorial tidaklah buruk. Akan tetapi, perhatikan selalu ketentuan dan kualifikasi yang disyaratkan. Anda bisa mulai menulis tutorial melalui:

  • www.psd.tutsplus.com;
  • www.tutorial9.net;
  • www.design.creativefan.com;
  • www.designinstruct.com; dan
  • www.vectordiary.com.

Berkembangnya internet telah memberikan kesempatan yang bagus bagi perkembangan keterampilan dan eksistensi para desainer grafis. Akses keterhubungan global melalui lomba desain mungkin saja masih menjadi cara favorit untuk menegaskan eksistensi dan peluang mendapatkan keuntungan pada masa mendatang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Previous

Yakin Mau Kuliah Desain Komunikasi Visual? Pastikan Dulu Yuk Reputasi 8 Kampus Terfavorit Ini

September 24, 2017
Next

8 Situs Cara Praktis Membuat Logo Online

September 24, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *