6 Tips Mencari Jasa Desain Grafis yang Tepercaya

Di era digital seperti saat ini, peran desainer grafis tidak bisa diremehkan. Dari kreativitas seorang desainer akan dihasilkan berbagai ilustrasi, animasi, sketsa, dan gambar digital yang berkualitas. Tidak hanya itu, produk-produk yang dihasilkan para desainer tersebut juga memiliki daya tarik dan nilai jual yang tinggi.

Tidak heran, jika grafis yang dihasilkan seorang desainer seringkali dijadikan sebagai salah satu “senjata” dalam memasarkan produk sebuah perusahaan. Melihat pentingnya posisi seorang desainer grafis terutama dalam bidang marketing, banyak orang yang mempekerjakan para ahli komunikasi visual tersebut di perusahaan mereka.

Apalagi saat ini banyak perusahaan jasa desain grafis bermunculan di sekitar kita. Sehingga meskipun tidak memiliki karyawan yang ahli di bidang komunikasi visual, sebuah perusahaan masih bisa memasarkan produknya melalui berbagai ilustrasi dan gambar digital yang menarik.

Selain menawarkan jasa di bidang komunikasi visual seperti desain grafis, pembuatan gambar digital, animasi, dan video, perusahaan jasa semacam ini biasanya juga melayani konsultasi di bidang pemasaran. Soal bujet, kita tidak perlu khawatir. Biaya jasa pembuatan desain grafis termasuk beragam tergantung kebutuhan dan hasil yang diinginkan.

Salah satu perusahaan jasa desain grafis yang menawarkan layanan dan produk bervariasi di Indonesia adalah Mehibi. Soal profesionalitas, kita tidak perlu ragu. Startup yang berlokasi di Bandung ini telah bekerja sama dengan banyak perusahaan terkemuka di negara kita.

Tapi jika Anda masih ragu bagaimana cara memilih agensi desain grafis yang tepercaya dan profesional? Berikut merupakan beberapa tips dan trik yang dapat dijadikan panduan. Mari kita simak ulasannya!

Pelajari profil perusahaan dan agensi

Sebelum memilih sebuah perusahaan atau agensi dan memanfaatkan jasanya, pastikan Anda mempelajari profil, sejarah, dan latar belakang perusahaan tersebut dengan teliti. Pastikan pula alamat dan nomor kontak yang diberikan benar-benar bisa dikonfirmasi keberadaannya.

Jika perusahaan jasa tersebut memiliki website, cek testimoni pelanggan, lihat desain situsnya, dan buka setiap fitur yang tersedia. Karena bergerak di jasa komunikasi visual, website perusahaan di bidang ini seharusnya memiliki tampilan yang menarik, profesional, dan mampu membuat calon pelanggan yakin.

Cek portofolio perusahaan dan klien yang pernah menggunakan jasa mereka

Kualitas, gaya, dan identitas seorang desainer grafis bisa kita lihat dari portofolio produk-produk yang pernah dihasilkan. Dari portofolio, Anda juga dapat menentukan apakah gaya desain sebuah perusahaan jasa sesuai dengan kebutuhan.

Untuk menilai dan menentukan bagus tidaknya portofolio jasa desain grafis tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus memiliki dasar keilmuan tentang estetika, desain grafis, dan teknik yang menyertainya.

Tidak hanya hasil desain, dari portofolio kita bisa mengetahui klien mana sajakah yang pernah bekerjasama dengan perusahaan jasa bersangkutan. Dari klien tersebut kita bisa memastikan seberapa profesional desainer grafis yang akan kita gunakan.

Cek reputasi agensi desain grafis

Reputasi sebuah perusahaan jasa atau agensi desain grafis bisa dinilai dari performa dan prestasinya. Apakah perusahaan tersebut pernah menerima penghargaan, atau malah terlibat kasus dan dipidanakan tentunya harus dijadikan bahan pertimbangan penting sebelum menentukan pilihan.

Pilih perusahaan jasa dengan desainer yang berpikiran terbuka

Percaya atau tidak, beberapa perusahaan jasa dalam bidang komunikasi visual memiliki desainer yang sulit untuk diajak bekerja sama. Mereka tergolong idealis dan memaksakan kehendak tanpa mempertimbangkan kebutuhan atau visi misi yang diinginkan klien.

Karena itulah saat memilih, pastikan Anda menggunakan jasa perusahaan dengan desainer yang mau diajak bertukar pikiran dan terbuka dengan segala ide serta masukan.

Perusahaan dengan tarif yang masuk akal

Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, penetapan harga sebuah jasa juga bisa dijadikan pertimbangan sebelum Anda menentukan pilihan. Satu hal yang harus diingat, harga mahal tidak menjamin kualitas desain yang dihasilkan.

Jangan pula mudah tertarik dengan tarif miring. Karena bagaimanapun, membuat dan menciptakan sebuah desain membutuhkan imajinasi serta campur tangan perangkat lunak yang harganya tidak murah.  Pilihlah perusahaan yang mampu mengakomodasi kebutuhan dan mampu menyesuaikan hasil dengan bujet yang sudah disiapkan.

Melayani multiproduk

Ada beberapa perusahaan jasa desain grafis yang bergerak di satu bidang saja, seperti desain kemasan atau pembuatan ilustrasi. Untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan kemungkinan kerja sama di masa yang akan datang, pilihlah agensi yang menawarkan berbagai jasa.

Jika saat ini Anda hanya membutuhkan jasa pembuatan logo, tidak menutup kemungkinan nantinya Anda akan membutuhkan jasa pembuatan desain kemasan, banner, serta pemasaran melalui media visual seperti iklan atau film. Selain dapat menghemat tenaga dan waktu, Anda juga dapat menghemat bujet.

Karena biasanya perusahaan jasa akan memberikan diskon jika Anda setia menggunakan layanan mereka.

Jadi, masih ragu dalam memilih perusahaan jasa di bidang komunikasi visual yang profesional dan tepercaya? Jika iya, pastikan Anda menggunakan jasa Mehibi. Mulai dari nomor kontak, portofolio, reputasi, hingga tarif yang ditawarkan perusahaan ini bisa kita akses dengan mudah melalui website resminya.

Dari hal ini saja, tingkat profesionalitas Mehibi bisa ditentukan. Apalagi perusahaan ini juga berafiliasi dengan Kontenesia yang merupakan startup jasa penulis konten terkemuka di Indonesia. Sehingga Anda bisa mempromosikan produk secara maksimal, baik melalui iklan grafis maupun artikel di blog dan media sosial. Menarik bukan?

Saat ini, perusahaan layanan atau agensi jasa desain grafis memang mudah ditemukan Meskipun demikian, tidak semua memiliki kualitas, profesionalitas, dan kemampuan yang kita butuhkan. Karena itulah, pada saat mempertimbangkan pastikan Anda memilih perusahaan profesional terbaik untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda menggunakan jasa desainer grafis untuk memasarkan produk. Semoga beberapa poin di atas dapat menjadi referensi dan bermanfaat.

Previous

Inilah 3 Alasan Kenapa Desain Kemasan Sangat Penting!

September 30, 2017
Next

Lomba Logo Sebagai Salah Satu Upaya untuk Mencari Desain yang Orisinal

September 30, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *