Bingung Membuat Desain Banner yang Keren? Cara Ini Cocok untuk Pemula!

Membuat desain banner merupakan tantangan tersendiri bagi sejumlah desainer grafis. Meskipun bukan kerja yang paling sulit, namun tujuan dari suatu banner benar-benar menuntut kecermatan dan konsentrasi. Paling minimal banner harus memuat informasi produk serta program promosi dan identitas usaha yang jelas.

Memegang peranan sebagai garda terdepan dalam pemasaran, banner biasanya mudah ditemukan di lokasi-lokasi yang strategis. Masalahnya di lokasi tersebut tidak hanya memuat satu banner. Anda jadi harus bekerja lebih kreatif agar daya tarik banner Anda tidak kalah dari banner lain.

Beberapa cara untuk membuat desain banner yang memikat, antara lain:

Letakan Logo di Bagian Paling Atas

Penempatan logo harus sebisa mungkin disesuaikan dengan sudut pandang mata audience. Posisi teratas merupakan area terbaik dan efektif karena bisa menarik perhatian yang sangat besar dari audience.

Hindari Membuat Tulisan yang Terlalu Banyak

Membuat tulisan yang terlalu banyak pada banner akan menimbulkan kesan padat dan mengurangi estetikanya. Kesan sesak juga berisiko membuat audience malas membaca banner tersebut. Pikirkanlah untuk mengisi banner tulisan singkat namun informatif.

Pilih Kata-Kata yang Menggugah Rasa Penasaran

Banner yang terlihat lebih ramping dengan kata-kata yang tidak terlalu banyak sering kali lebih menggugah ketertarikan audience. Temukan keyword yang paling mewakili suatu pesan agar kata-kata dalam banner bisa membuat audience menoleh dan mendatangi banner Anda.

Gunakan Gambar Hi-Res

Sebagai makhluk visual yang lebih mudah memahami makna lewat gambar, audience harus diberikan tampilan visual banner yang berkualitas tinggi. Hindari menggunakan gambar yang terlihat buram atau pecah agar banner tetap terlihat profesional dan eye-catching.

Cermat Memilih Warna

Bayangkan banner Anda dipasang di antara deretan banner lain dan temukan kejanggalan yang membuat banner kalah menonjol. Mungkin saja penyebabnya ada pada pemilihan warna. Semakin mencolok warnanya, semakin besar kemungkinan audience menoleh. Akan tetapi, jangan asal pilih warna yang mencolok. Anda tetap harus menyesuaikan perpaduan yang kontras agar kata-kata di dalam banner tidak kalah dominan.

Sesuaikan Bahan dengan Tempat Pemasangan

Tidak semua banner memiliki bahan yang berfungsi sama baiknya ketika diletakan di dalam atau di luar ruangan. Dengan memastikan terlebih dahulu lokasi pemasangan, Anda akan lebih mudah menentukan bahan cetak albatros atau flexi untuk banner.

Tampilkan Kontak pada Banner

Banner menjadi medium pesan yang memuat ragam informasi. Setelah semua informasi sudah terangkum baik dalam banner, jangan lupakan untuk menambahkan detail kontak dari perusahaan atau lembaga Anda. Hal ini menjadi pilihan terbaik untuk mencegah kendala-kendala tertentu yang membuat audience tidak bisa berinteraksi langsung dengan Anda.

Pilihan Situs Desain Banner

Pentingnya peran banner dalam sebuah aktivitas pemasaran menuntut para desainer grafis untuk lebih kreatif mempersiapkan pembuatannya. Akan tetapi, proses kreatif yang membutuhkan kecermatan ini sering kali terkendala karena sempitnya ketersediaan waktu.

Salah satu trik terbaik untuk mempersingkat waktu adalah mengerjakan desain banner secara online. Misalnya melalui situs-situs desain banner berikut ini.

Canva

Pilihan template banner dari Canva memberikan Anda akses pada layout banner untuk media sosial, Etsy, eBay, email, dan masih banyak lagi. Dengan memilih gambar, jenis huruf, dan warna, banner bertampilan profesional sudah bisa Anda dapatkan dalam hitungan menit. Seluruh tahap pembuatan banner bebas biaya, kecuali Anda ingin menggunakan gambar dari galeri perpustakaan Canva. Biaya yang dikenakan untuk setiap gambar tidak lebih dari $1.

BannerSnack

BannerSnack menjadi pilihan desain banner online yang populer karena Anda bisa membuat berbagai jenis iklan banner. Di sini tersedia format Flash, GIF, HTML5, dan lain-lain. Template dalam berbagai dimensi dan ukuran juga sangat banyak jumlahnya.

HTML5maker.com

Situs ini mempunya tampilan sederhana sehingga Anda akan sangat mudah membuat desain banner online. Selain pilihan foto yang sangat beragam, gambar-gambar detail pendukung banner juga disediakan secara gratis.

Desygner

Dengan menggunakan Desygner, Anda bisa membuat berbagai materi visual yang berkualitas. Situs ini juga menyediakan ragam template serta fitur import gambar beserta teks dari Adobe PDF, Microsoft Powerpoint, hingga Photoshop. Banner online pilihan Anda bisa segera diunduh dalam format PDF, PNG, JPG, dan lain-lain. Selain bisa digunakan secara gratis via browser, Desygner juga menawarkan versi premium seharga $6.95 per bulan.

Snappa

Snappa termasuk editor grafis yang menawarkan pengalaman desain menyenangkan. Tersedia berbagai koleksi foto, template desain, serta pilihan jenis huruf untuk diterapkan ke dalam banner Anda. Snappa juga meringkas proses desain dengan pengaturan ukuran media sesuai target. Anda bisa mengunduh hingga 5 desain dengan menghubungkannya pada dua akun media sosial. Untuk mendapatkan fitur unlimited, cobalah Snappa Pro Version dengan biaya berlangganan sebesar $10 per bulan.

Shutterstock Editor

Reputasi Shutterstock di dunia desain visual sudah tidak diragukan lagi. Inilah nama besar yang menyediakan ratusan ribu gambar siap pakai. Kehadirannya bertambah sempurna karena Anda juga bisa membuat desain banner sendiri melalui Shutterstock Editor. Ada banyak template desain yang bisa dipakai secara gratis dengan watermark. Apabila Anda ingin mendapatkan gambar tanpa watermark, segeralah mendaftar untuk berlangganan.

Vectr

Software berbasis vector ini mirip dengan Adobe Illustrator serta CorelDraw. Tampilannya sangat powerful dengan berbagai tool desain, seperti bidang kerja (artwork), layer, objek (shapes), pen tool, font, serta pilihan ragam efek (border, shadow, dan lain-lain). Vectr bisa diunduh pada berbagai platform, di antaranya Windows, Mac, Linux, hingga Chromebook.

Dengan memperhatikan pembahasan cara membuat desain banner di atas, proses kreatif desainer grafis diharapkan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!

Previous

13 Inspirasi Membuat Desain Kartu Nama yang Unik dan Keren

September 24, 2017
Next

Yakin Mau Kuliah Desain Komunikasi Visual? Pastikan Dulu Yuk Reputasi 8 Kampus Terfavorit Ini

September 24, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *