20+ Contoh Desain Grafis Inspiratif

Meningkatnya perkembangan dunia digital membuat manusia lebih banyak menghabiskan waktu untuk menatap layar perangkat dibandingkan berhadapan langsung dengan manusia. Hal ini tentu saja sangat beralasan. Modernitas yang menuntut produktivitas mau tidak mau menggiring masyarakat untuk memanfaatkan teknologi demi mencapai efisiensi.

Salah satu bidang ilmu dan keterampilan yang terbuka lebar peluangnya untuk berkontribusi dalam periode ini adalah desain grafis. Pasalnya, kebutuhan orang-orang yang mengakses internet dan beragam aplikasi pada perangkat komunikasi elektronik harus didukung dengan tampilan informasi yang menyenangkan.

Sebuah situs web harus memiliki tampilan yang menarik dan memudahkan pengunjungnya untuk mendapatkan pengetahuan yang dicari. Sebuah video harus disunting sedemikian rupa agar menghasilkan informasi yang utuh dan mengalir. Sebuah foto harus diolah untuk menonjolkan fitur-fitur yang menjadi fokus untuk meminimalisasi interpretasi penikmatnya.

Sekelebat Tentang Desain Grafis

Desain grafis adalah sebuah konsep ilmu yang luas. Bagi orang awam, seorang desainer grafis mungkin identik dengan para individu yang berada di balik layar kreatif biro iklan. Mereka bertanggung jawab untuk membuat sebuah informasi komersil jasa atau produk yang menarik.

Namun, desain grafis lebih dari itu. Berasal dari dua buah kata, desain grafis merupakan sebuah proses komunikasi yang menggunakan elemen visual seperti bentuk, gambar, dan tulisan untuk menciptakan sebuah persepsi pesan yang ingin disampaikan. Karena itulah, desain grafis kerap disamakan dengan desain komunikasi visual.

Anggapan ini tidak keliru seutuhnya—toh keduanya sama-sama merupakan jenis komunikasi berbasis visual. Namun dalam penerapannya, desain grafis lebih ke arah komunikasi yang bersifat dua dimensi, sementara desain komunikasi visual lebih ke arah komunikasi dalam platform tiga dimensi.

Paduan Komunikasi dan Seni yang Fleksibel

Tidak seperti ilmu eksakta yang cenderung rigid, desain grafis juga merupakan sebuah seni yang bersifat fleksibel. Kreativitas dapat disalurkan dalam aneka bentuk yang bervariasi, mempersilakan para perancang menciptakan karya baru yang menyegarkan.

Media yang digunakan pun beragam. Selain dibuat dalam bentuk digital, desain grafis masih sangat dibutuhkan dalam hal-hal bersifat konvensional. Sebut saja beberapa contoh desain grafis yang memiliki perananan penting dalam wujud offline: sampul buku, pembungkus produk, dan lain-lain.

Kategori dan Inspirasi Contoh Desain Grafis

Kendati seolah tanpa batas, desain grafis juga bukannya tidak memiliki tantangan. Bahkan para perancang grafis yang memiliki jam terbang tinggi sekali pun tidak luput dari fase saat imajinasi dan kreativitas seolah-olah mandeg. Pikiran buntu. Seolah-olah, tidak ada lagi inspirasi yang bisa memberikan insight.

Namun tentu saja, kemudahan teknologi kini membuat inspirasi menjadi lebih mudah didapat. Beragam situs yang menampilkan hasil karya para perancang grafis lainnya dari seluruh dunia bisa diperoleh hanya melalui sentuhan jari. Dengan memperbanyak referensi contoh desain grafis yang sudah ada, kreativitas akan kembali mengalir.

Bila Anda mengalami masalah serupa, simak beberapa rekomendasi berikut ini. Setelah melihat-lihatnya, siapa tahu imajinasi Anda tergugah.

Desain Grafis Secara Umum

Seperti yang sudah disampaikan, desain grafis memiliki cakupan yang sangat luas. Anda pun tentu memiliki spesifikasi masing-masing: menjadi seorang perancang untuk produk kemasan, pengatur tata letak, membuat desain web, dan lain sebagainya.

Untuk mencari referensi isnpiratif, Anda tentu membutuhkan sumber yang tepat. Namun bila Anda sedang mencari inspirasi yang masih secara umum, sepuluh situs berikut ini bisa Anda jelajahi untuk melihat-lihat contoh desain grafis yang mengesankan.

Tipografi

Untuk menghasilkan sebuah desain yang lebih utuh, kehadiran tulisan tentu sangat membantu. Terutama bila Anda ingin menyampaikan sebuah pesan yang tidak ingin menimbulkan banyak persepsi hanya pada sebuah gambar tunggal pada desain yang dikerjakan, keberadaan tulisan tentu akan sangat membantu.

Tidak seperti di berbagai aplikasi pencatatan standar, kreasi jenis tulisan pada desain grafis jauh lebih banyak. Mulai dari jenis, gaya, hingga penataan, tujuh situs berikut ini bisa memberi inspirasi gratis untuk membuat tipografi yang maksimal.

Desain Website dan User Interface

Di era digital ini, menjadi seorang perancang web dan perancang UI adalah pekerjaan yang sangat banyak dibutuhkan. Terutama bagi perusahaan-perusahaan startup yang bersiap memenangkan pasar, mereka akan merekrut desainer grafis terbaik yang dapat menghasilkan website dan user interface mengesankan.

Namun tren yang sekarang terjadi pun tidak terbatas pada generasi yang ingin menjadi bagian dari sebuah tim di kantor. Lowongan menjadi seorang freelancer atau remote worker untuk dua bidang ini tidak pernah tertutup dari seluruh penjuru dunia. Karenanya, jangan sia-siakan kesempatan ini dengan menghasilkan desain mengagumkan seperti contoh desain pada delapan berikut ini.

Desain Kemasan

Manusia adalah makhluk visual. Saat membeli barang, mata manusia akan lebih mudah menangkap produk yang dikemas dengan kenuikan tersendiri—baik dari penataan warna, gambar pendukung, bentuk, dan lain-lain. Karena itulah kreativitas dalam mendesain sebuah kemasan memiliki nilai yang sangat tinggi.

Bila Anda berkecimpung dalam hal ini, jangan khawatir. Lima situs web beikut ini memberikan contoh desain grafis untuk kemasan yang akan membantu produk Anda menjadi laku di pasaran.

Daftar situs contoh desain grafis di atas hanyalah sebagian kecil dari jutaan karya grafis lainnya yang dibuat oleh orang-orang di seluruh dunia. Karenanya, semakin banyak referensi yang Anda miliki, semakin lancar pula inspirasi yang membanjiri.
Semoga membantu!

Previous

4 Hal Penting Saat Memilih Jasa Desain Logo

September 20, 2017
Next

Tips Membuat Logo Olshop Secara Mudah dengan Aplikasi Logo Generator, Cukup 5 Menit!

September 20, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *