5 Tips Mudah Belajar Photoshop untuk Pemula

Mulai dari fotografer hingga perusahaan besar pembuatan iklan, perangkat lunak besutan Adobe ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari penyempurnaan kinerja golongan profesional. Berada selama 27 tahun dalam industri perangkat lunak untuk desain, tidak heran jika Photoshop kini menjadi pemimpin pasar.

Pembaharuan pun senantiasa dilakukan pihak Adobe untuk menyempurnakan software ini sesuai dengan kebutuhan pasar. Sejak kehadirannya di tahun 1990, Photoshop kini telah mencapai versi ke-13 yang lebih dikenal dengan nama Photoshop CC.

Sekilas Tentang Photoshop

Adobe Photoshop merupakan salah satu software keluaran Adobe Systems yang secara khusus dibuat untuk menjalankan fungsi pengolahan citra. Beragam fiturnya terbukti sangat mumpuni untuk melakukan editing dan pembuatan efek. Meski kini beragam software serupa bermunculan, Photoshop masih menjadi primadona di kalangan perancang grafis.

Photoshop juga disebut-sebut sebagai produk terbaik yang diproduksi oleh Adobe Systems. Perusahaan yang berpusat di San Jose, California, Amerika Serikat ini juga mengeluarkan banyak software lainnya. Sebut saja Adobe Acrobat 3D, Adobe After Effect, Adobe Dreamweaver, Adobe Flash, Adobe Fireworks, Adobe Illustrator, dan lebih dari 50 lainnya.

Adobe Photoshop tersedia untuk berbagai komputer dengan sistem operasi Microsoft Windonws, Mac OS, dan Mac OS X. Untuk Photoshop versi 9 ke atas juga bisa digunakan pada platform Linux dengan bantuan software lain.

Selain itu, Photoshop juga hadir versi mobile untuk OS Android dan iOS. Meski tidak secanggih versi desktop, Photoshop versi mobile juga dapat menghasilkan citra yang profesional.

Untuk urusan desain dan mengolah foto, Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi yang paling populer. Software hotoshop menjadi senjata yang powerful untuk menghasilkan citra yang menakjubkan. Dengan beragam tools yang lengkap dan memadai, elite profesional dapat menghasilkan karya yang menakjubkan.

Mengapa Harus Photoshop?

Bagi Anda yang masih pemula, belajar Photoshop adalah hal yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan keterampilan dalam melakukan desain. Jika kalangan profesional hingga hari ini masih mendewakan software ini karena memang terbukti kualitasnya, mengapa Anda tidak mengikuti jejak mereka?

Ada beberapa alasan mengapa Photoshop menjadi yang prioritas dalam urusan editing citra. Setidaknya, tiga hal berikut ini adalah alasan utamanya.

Memiliki kinerja yang lebih cepat

Beberapa software tidak dapat bekerja dengan cepat di seluruh platform. Akibatnya, pekerjaan menjadi terganggu dan merusak suasana hati serta niat.

Namun tidak demikian dengan Photoshop. Dengan kebutuhan platform 64 bit di seluruh sistem operasi, software ini dapat bekerja dengan cepat dan memuaskan. Agar maksimal, pastikan Anda juga memperhatikan kapasitas RAM, tipe driver, dan sebagainya.

Menyediakan efek untuk material dan tekstur

Belajar Photoshop akan menjadi semakin seru ketika Anda menggunakan fitur ini. Untuk membuat gambar yang lebih detail dan terlihat realistis, Anda bisa menambahkan efek material dan tekstur.

Anda bisa membuat sebuah gambar daun, buliran air, kayu, atau objek lain dengan detail yang jelas. Dengan langkah-langkah khusus yang dapat dipelajari, Anda bisa menghasilkan objek yang sempurna.

Membaca dan menyimpan fail dalam beberapa format

Opsi format fail pada Photoshop tidak hanya PNG, JPG, atau JPEG. Software ini juga mendukung format raster dan vektor.

Selain itu, Photoshop juga memiliki format penyimpanannya sendiri yang khas. Adapun format karakter editor citra ini adalah PSD, PSB, dan PDD.

Tips Belajar Photoshop untuk Pemula

Sebagian besar pengguna yang masih bertaraf pemula mengakui bahwa belajar Photoshop untuk kalangan awam memang masih cenderung susah. Akan tetapi, mau tidak mau, hal ini menjadi sebuah keharusan.

Sebenarnya, hal-hal yang belum menjadi sebuah kebiasaan memang relatif membutuhkan lebih banyak waktu untuk dipahami. Pun demikian dengan Photoshop. Untuk itu, dengan beberapa tips berikut ini, belajar Photoshop akan terasa lebih mudah dan mempercepat keterampilan desain Anda.

Mengikuti Tutorial

Bila tidak ingin mengikuti kursus, Anda bisa rajin mengikuti tutorial. Anda juga tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli buku-buku tutorial teknik.

Di internet, Anda bisa menemukan situs web, blog, video, hingga e-book yang memberikan tutorial Photoshop secara gratis. Agar lebih mudah, sebaiknya Anda mencari tutorial yang ada dalam bentuk video. Dengan demikian, Anda tidak hanya mengira-ngira tools dan perintah yang digunakan untuk membuat suatu bentuk, efek, atau yang lainnya.

Membaca Artikel atau Bergabung di Forum

Tutorial umumnya hanya berfokus pada keterampilan secara teknik. Sementara itu, di luar sana, banyak orang yang menuliskan dalam bentuk artikel atau menuliskan dalam forum mengenai informasi-informasi terbaru.

Membaca artikel dan bergabung di forum akan membuat wawasan Anda menjadi lebih terbuka. Selain itu bila sudah mulai berlatih, Anda bisa terlibat aktif untuk meminta saran atas karya yang Anda hasilkan. Komentar penghuni forum akan membantu Anda untuk menghindari kesalahan yang sama dan membuat karya yang semakin apik.

Meniru

Cara terbaik untuk mulai menciptakan adalah dengan meniru apa yang sudah ada. Berbekal keterampilan yang dimiliki, Anda bisa mulai mencoba meniru hasil karya orang lain.

Dari situ, Anda bisa melihat perbandingan yang Anda ciptakan sendiri dan yang dibuat orang lain. Apa pun hasilnya, jujurlah terhadap diri sendiri. Jika hasilnya masih belum memuaskan, jangan ragu untuk terus memperbaikinya.

Memodifikasi

Setelah berhasil meniru, kini saatnya Anda melakukan modifikasi. Dari objek yang sebelumnya sudah ada, buatlah perubahan dan terobosan lain yang dapat mengungguli objek tersebut.

Anda bisa melakukannya di banyak hal. Ada beragam efek dan teknik yang tersedia pada Photoshop untuk menghasilkan gambar yang lebih ‘wah’. Akan semakin baik jika Anda semakin menggunakan teknik yang rumit dari sebelumnya. Dengan demikian, Anda akan tahu sejauh mana keterampilan yang sudah didapat.

Menambah Jam Terbang

Para perancang grafis tidak pernah berhenti berkarya. Jangan mengira hanya karena sedang tidak melakukan sebuah proyek, mereka lantas berhenti untuk menghasilkan karya lain.

Pun begitu yang harus Anda lakukan. Jangan berhenti berlatih sebelum mencapai apa yang menjadi target. Bahkan setelah Anda meraih apa yang diinginkan, jangan pernah merasa puas. Teruslah belajar dan berlatih untuk menghasilkan karya-karya yang mengagumkan.

Selain lima tips belajar Photoshop untuk pemula ini, pastikan Anda juga memiliki niat yang besar dan sungguh-sungguh. Sebab tanpa niat yang sungguh-sungguh, sebanyak apa pun cara yang dilakukan tentu tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

Selamat berkarya!

Previous

Belajar Desain Grafis dengan Mudah untuk Pemula

September 10, 2017
Next

Mengenal Serba-Serbi Desain Grafis

September 10, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *