4 Aplikasi Desain Grafis Terbaik untuk Android

Salah satu bidang indutri kreatif yang semakin banyak digemari sekaligus dibutuhkan adalah desain grafis. Kebutuhan terhadap kreativitas pada perancang grafis ini pun tidak lagi terbatas hanya bagi mereka yang tergabung dalam sebuah biro iklan dan mengerjakan proyek-proyek dari perusahaan besar saja. Kini, sistem bekerja secara remote dan freelancing juga semakin banyak digemari para desainer grafis baik di luar maupun dalam negeri.

Mengingat prospek ke depan yang semakin cerah, wajar jika banyak pula masyarakat yang mencoba peruntungannya di dunia desain grafis. Ketersediaan beragam informasi pun mempermudah siapa saja untuk belajar tanpa harus mengambil pendidikan formal. Media pembelajarannya pun beragam, mulai dari teks hingga multimedia yang interaktif.

Untuk membuat aplikasi desain grafis untuk Android, inspirasi tentu bisa datang dari mana saja. Bagi para desainer grafis, hal seperti ini dapat diantisipasi dengan membawa ponsel atau komputer tablet ke mana pun mereka pergi. Dibandingkan kertas dan pena atau laptop yang tidak praktis, dua perangkat berukuran pas ini tentu menjadi alternatif yang lebih cocok. Dengan begitu, ide-ide cemerlang dapat langsung dituangkan tanpa kerja dua kali di mana pun dan kapan pun.

Spesifikasi perangkat tentu menjadi salah satu syarat yang perlu diperhatikan. Tidak harus mahal, asal fitur-fiturnya mumpuni pun tak masalah. Kebutuhan seperti RAM dan dimensi layar biasanya menjadi faktor yang jangan sampai terlewatkan.

Bila urusan perangkat keras beres, kini saatnya memilih perangkat lunak yang mengakomodasi. Mengikuti perkembangan teknologi, para pengembang aplikasi desain grafis pun kini menghadirkan produk mereka untuk platform ponsel dan komputer tablet.

Nah, bagi Anda yang ingin bekerja dengan lebih fleksibel melalui mobile gadget, empat aplikasi desain grafis berikut bisa jadi referensi. Baik untuk profesional maupun pemula, aplikasi terbaik besutan pengembang andal ini dijamin dapat meningkatkan performansi Anda sebagai seorang desainer grafis.

Adobe Illustrator Draw

Membicarakan urusan desain tanpa mengingat Adobe rasanya seperti ada yang kurang. Pasalnya, perusahaan perangkat lunak yang berfokus pada bidang animasi, video, pengembangan web, dan grafis ini memang telah berdiri cukup lama. Selama rentang waktu itu pula, Adobe berhasil mengeluarkan puluhan produk yang terbukti mumpuni dan menjadikannya sebagai perusahaan aplikasi desain yang menjadi raja pasar.

Salah satu produk Adobe yang dapat memfasilitasi kebutuhan Anda untuk aplikasi desain grafis dalam bentuk mobile apps adalah Illustrator Draw. Aplikasi ini juga cukup mudah untuk pemula meski fiturnya juga sangat memadai untuk kalangan profesional. Salah satunya adalah kemampuan zoom hingga 64 kali yang dapat menghasilkan gambar lebih detail dan halus.

Selain itu, Illustrator Draw juga memungkinkan Anda untuk mempermudah untuk menggambar pada beberapa layer sekaligus. Membentuk vektor baru dari CC pun jadi semakin mudah dengan insert yang berbentuk dasar stensil. Ditambah dengan kemudahan mengganti nama fail, menggandakan, mengganti opacity sesuai kebutuhan, dan beragam keunggulan lainnya, tidak heran jika Adobe Illustrator Draw menjadi favorit banyak desainer grafis.

AutoCAD 360

Bila Anda seorang arsitek atau membutuhkan software desain untuk objek 3D, AutoCAD adalah pilihan yang tepat. Setelah menuai sukses dalam bentuk desktopnya selama bertahun-tahun, produk ini sekarang hadir untuk diaplikasikan pada ponsel maupun tablet dengan platform Android.

Tak hanya 3D, menggambar objek dalam wujud 2D pun tetap bisa dilakukan oleh produk resmi besutan AutoCAD ini. Tanpa membutuhkan koneksi internet, Anda bisa melakukan aktivitas dasar seperti menggambar, memindahkan objek, mengganti ukuran, dan sebagainya. Namun apabila perangkat terhubung dengan internet, software ini akan melakukan sinkronisasi secara otomatis dengan proyek pada akun AutoCAD Anda.

Seperti pada versi desktop, AutoCAD 360 untuk Android juga cukup user friendly sehingga cocok digunakan untuk pemula. Anda bisa memilih versi gratis aplikasi ini yang turut memfasilitasi penambahan catatan dan gambar untuk melengkapi proyek yang sedang dikerjakan. Namun jika ingn fitur yang lebih canggih, Anda bisa menggunakan versi pro yang berbayar.

Infinite Design

Bila ingin menghasilkan gambar vektor, Anda bisa mengandalkan Infinite Design. Aplikasi profesional ini akan mempermudah Anda untuk menghasilkan vektor atau logo yang memerlukan banyak layer dengan fitur unlimited layer-nya. Dengan begitu, Anda bisa lebih gampang untuk membuat detail dari sebuah gambar secara terpisah.

Bila terbiasa dengan Corel Draw, Anda tentu tidak asing lagi dengan pembuatan garis secara custom. Di Infinite Design, Anda juga bisa menemukan fitur serupa. Bila harus melakukan pengubahan bentuk garis dari garis yang sudah terlanjur dibuat di awal, gunakan saja fitur ini. Anda bisa melakukan editing mayor sekalipun jika dibutuhkan.

Pemilihan warna pun bukan menjadi sebuah masalah. Infinite Design memiliki panel warna yang cukup lengkap pada fitur color selection. Selain itu, untuk urusan penyimpanan fail, aplikasi perancang grafis ini juga memiliki banyak pilihan jenis fail penyimpanan.

Adobe Photoshop Lightroom

Satu lagi aplikasi desain grafis dari Adobe yang cocok untuk kebutuhan mobile apps adalah Adobe Photoshop Lightroom. Sesuai namanya, aplikasi untuk desain grafis ini dapat memaksimalkan kreasi Anda untuk kategori fotografi.

Anda mungkin pernah mendengar produk Adobe untuk fotografi yang lebih populer—Adobe Photoshop—dan bertanya-tanya apa perbedaan antara keduanya. Pada dasarnya, baik Photoshop maupun Lightroom sama-sama digunakan untuk melakukan proses editing foto digital. Akan tetapi, Photoshop lebih diperuntukkan retouch dan efek manipulasi, sementara Lightroom lebih diperuntukkan retouch dengan permainan efek warna yang bervariasi.

Salah satu fitur utama Lightroom adalah pengaturan untuk menghasilkan sebuah tone sempurna pada foto. Pengguna Instagram yang masih amatir pun banyak menggunakan aplikasi ini untuk menampilkan feed yang apik. Selain komposisi warna yang lengkap, Lightroom juga memungkinkan Anda untuk menghubungkannya dengan kamera secara live, mendukung resolusi tinggi, dan lain-lain.

Empat aplikasi desain grafis ini telah membantu banyak desainer grafis profesional dan amatir untuk melatih keterampilan dan menghasilkan karya-karya yang mengagumkan. Nah, mana yang jadi pilihan Anda?

Previous

5 Aplikasi Online Cara Membuat Logo, Mudah dan Bisa Dilakukan Kapan Saja

September 20, 2017
Next

4 Tips Desain Brosur Agar Tidak Berakhir Sia-Sia di Tempat Sampah

September 20, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *